Salesforce Rilis Pro Suite, Solusi CRM Terpadu untuk UKM Guna Meningkatkan Penjualan dan Pengalaman Pelanggan (2024)

Pro Suite dapat membantu UKM mengembangkan bisnis mereka

Sulung Lahitani

Perbesar

Liputan6.com, Jakarta Pelakuusaha kecil dan menengah (UKM) mendominasi setidaknya 99% bisnis di Indonesia, dengan total lebih dari 62 juta unit usaha, dan berkontribusi lebih dari 61% terhadap PDB Indonesia. Saat ini, banyak UKM Indonesia yang sangat membutuhkan bantuan untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui digitalisasi.

Sebuahstudimenunjukkan bahwa 60% UKM di Indonesia telah merasakan manfaat digitalisasi terhadap bisnis mereka, misalnya kemudahan dalam mencari penyedia barang dan jasa serta menjangkau pelanggan. Untuk semakin mempermudah UKM dalam meningkatkan skala bisnis mereka, Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia.

BACA JUGA: Kemenkop-UKM Kumpulkan Data 13,4 Juta K-UMKM hingga 2023

BACA JUGA: Pelaku UMKM Indonesia Dikuasai Perempuan, Ini Buktinya

BACA JUGA: Didukung Kemenkop UKM, Neobank Buka Akses Pembiayaan ke Agrikultur dan Peternakan

Baca Juga

  • Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Rampung 100%, Bakal Dongkrak Penjualan Produk Lokal
  • Pemberdayaan UKM Jadi Program Utama TJSL Pupuk Kaltim
  • Telkom Tebar Promo Berlangganan Indibiz untuk 100 UKM di Bulan Ramadan

Sebuah solusi yang fleksibel, terukur, dan lengkap untuk membantu UKM memulai dan mengembangkan bisnis mereka menggunakan teknologi AI CRM nomor satu. Didukung oleh Platform Einstein 1 dan Data Cloud dari Salesforce, Pro Suite dapat membantu pelanggan meningkatkan operasi bisnis mereka melalui satu solusi yang praktis dan mudah digunakan.

Advertisem*nt

"UKM memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang berkontribusi secara signifikan terhadap bisnis dan lapangan kerja. UKM biasanya kesulitan untuk meningkatkan skala bisnis mereka ke tahap pertumbuhan lebih lanjut karena keterbatasan sumber daya untuk mengelola proses yang lebih kompleks. Upaya menemukan cara-cara baru guna meningkatkan efisiensi dan melakukan inovasi sangat penting dilakukan untuk menghadapi tantangan dan lanskap bisnis yang semakin kompetitif," ujar Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN.

Ia menambahkan bahwaPro Suite dapat membantu UKM untuk mengurai data silos yang menjadi penghambat mereka dalam menggunakan AI dan otomatisasi, serta menciptakan sistem yang terintegrasi untuk data pelanggan dengan Data Cloud.

"Ini merupakan inti dari terjalinnya hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan. Sebagai solusi yang terjangkau, intuitif, dan terukur, Pro Suite menempatkan UKM pada posisi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta menjawab tantangan bisnis di Indonesia saat ini," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat yang didapat UKM menggunakan Pro Suite

Dengan menggunakan Pro Suite, UKM dapat:

●Mengidentifikasi data yang terpisahdi seluruh sistem teknologi dan departemen, dan menciptakan 360 derajat visibilitas pelanggan denganData Cloud. Hal tersebut mendukung CRM, AI, otomatisasi, dan analitik di seluruh proses bisnis.

●Meningkatkan proses menarik calon pelanggandengan menggunakan format kampanye, personalisasi konten, dan analisis performa untuk menjangkau prospek dengan pesan yang tepat pada waktu yang tepat.

Advertisem*nt

●Mendorong penjualan yang lebih cepatdengan estimasi, penawaran, dan pembayaran online langsung untuk mempermudah perolehan pendapatan.

●Menjawab pertanyaan pelanggan secara cepatdengan kapabilitas berbicara dan memberikan pesan secara langsung yang tersedia pada website dan aplikasi pelanggan.

●Memaksimalkan keunggulan AI CRMmelaluiAppExchangesalesforce marketplace, tersedia berbagai penyedia solusi cloud perusahaan yang terpercaya, dengan ekosistem yang terdiri dari aplikasi dan tim ahli untuk membantu mendorong kesuksesan di berbagai industri, departemen, atau produk.

Advertisem*nt

3 dari 3 halaman

Pro Suite terus berkembang bersama bisnis Anda

Pro Suite mengembangkan kemampuan Starter Suiteoleh Salesforce, aplikasi CRM terpadu yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga dapat membantu UKM menjangkau, mendapatkan hingga mempertahankan pelanggan. Salesforce meluncurkan Starter Suite pada tahun 2023 untuk membekali UKM dengan CRM yang sederhana serta berbeda dari yang sudah ada dan dengan fitur yang mudah digunakan.

Sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengerjakan tugas-tugas penting dengan cepat, termasuk melacak prospek penjualan, menangani kasus layanan pelanggan, mengirim email ke pelanggan, mencatat pembayaran langsung, dan masih banyak lagi.

Pro Suite dirancang dengan menggunakanPlatform Einstein 1, sebuah platform berskala enterprise yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan UKM untuk mendukung UKM agar dapat menjalankan bisnisnya dengan mudah menggunakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan, serta memastikan mereka dapat berkembang dengan lancar.

Advertisem*nt

Pro Suite menawarkan pertumbuhan tanpa batas dari Starter Suite diperuntukan bagi bisnis yang sedang berkembang dengan menyediakan perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis yang lebih kompleks. Selain daripada kapabilitas yang ditawarkan starter suite, Pro Suite menyediakan fitur-fitur canggih dan fitur lain yang lebih banyak, seperti otomatisasi alur kerja dan proses, estimasi dan penawaran penjualan, serta live chatuntuk layanan pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Salesforce Rilis Pro Suite, Solusi CRM Terpadu untuk UKM Guna Meningkatkan Penjualan dan Pengalaman Pelanggan (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Nathanael Baumbach

Last Updated:

Views: 6715

Rating: 4.4 / 5 (55 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Nathanael Baumbach

Birthday: 1998-12-02

Address: Apt. 829 751 Glover View, West Orlando, IN 22436

Phone: +901025288581

Job: Internal IT Coordinator

Hobby: Gunsmithing, Motor sports, Flying, Skiing, Hooping, Lego building, Ice skating

Introduction: My name is Nathanael Baumbach, I am a fantastic, nice, victorious, brave, healthy, cute, glorious person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.